77 Adegan ‘Eksekusi’ Rekonstruksi Tahap 2 Kasus Pembunuhan Hakim Jamaluddin

rekonstruksi tahap dua

topmetro.news – Jajaran Polrestabes Medan bekerjasama dengan Poldasu serta didampingi Kajari Medan Dwi Setyo beserta sejumlah staf, Kamis (16/1/2020), menggelar rekonstruksi tahap dua di 4 lokasi, terkait pembunuhan Hakim PN Medan Jamaluddin (55).

Menurut rencana, penyidik fokus pada 77 adegan yang diperankan ketiga tersangka. Yakni Zuraida Hanum (41) yang juga istri kedua Hakim Jamaluddin, Jefri Pratama (42), dan Reza Fahlevi (29). Penyidik juga membawa kendaraan yang mereka gunakan ketika itu ke lokasi.

“Hari ini ada 77 adegan yang dilaksanakan di empat lokasi,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumut Kombes Pol Andi Rian.

Andi memaparkan, empat lokasi rekonstruksi tahap dua ini yaitu rumah keluarga tersangka Jefri Pratama dan Reza Fahlevi di Graha Johor Jalan Karya Wisata. Lalu rumah korban di Perumahan Royal Monaco Blok B No. 22, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor. Serta rumah Reza di kawasan Medan Selayang.

Lokasi terakhir adalah kawasan perkebunan sawit Desa Sukadame, Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Lokasi Adegan

Di lokasi pertama lanjut Andi, ada empat adegan. Di lokasi kedua yakni rumah korban ada 54 adegan. lalu di lokasi ketiga, rumah Reza dan sekitarnya ada enam adegan.

“Lalu 13 adegan yakni adegan 65 hingga 77 di perjalanan hingga TKP pembuangan korban,” rinci Andi Rian.

Saat ini proses rekonstruksi masih berlangsung di rumah korban. Di sanalah, Jamaluddin dieksekusi dengan cara dibekap.

Rekonstruksi itu juga dihadiri Tim Jaksa Penuntut Umum antara lain, Parada Situmorang, Mirza Erwinsyah, M Yusuf, Chandra Naibaho, Rambo Sinurat, dan Kharya Shaputra.

Ratusan Warga

Ratusan warga antusias ingin melihat rekonstruksi kasus pembunuhan hakim di kediaman korban Perumahan Royal Monaco Blok B Nomor 22, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor | topmetro.news

Sebelum rekonstruksi digelar, kawasan di sekitar rumah korban sudah diramaikan ratusan warga yang ingin menyaksikan. Mereka berdiri di belakang garis polisi yang dipasang di jalan sekitar rumah korban.

Salah seorang warga, Lina mengaku sejak pagi tadi datang untuk melihat rekonstruksi ini. “Saya mau lihat langsung,” katanya.

Begitu melihat tersangka turun dari mobil, para warga menyorakinya. “Woo,” teriak warga.

Rekonstruksi Pertama

Kajari Medan Dwi Setyo (kemeja putih sebelah kanan) beserta sejumlah staf dan penyidik beberapa saat sebelum rekonstruksi kedua | topmetro.news

Penyidik, Senin (13/1/2020) lalu, telah melakukan rekonstruksi perencanaan pembunuhan Jamaluddin pada adegan ke-3 hingga ke-6 di The Coffee Town, Jalan Ngumban Surbakti.

Dalam rekonstruksi tersebut terungkap tersangka Zuraida Hanum, istri hakim, menawarkan umrah bersama kedua tersangka Reza Fahlevi dan Reza Pratama dan ‘fee’ Rp100 juta jika berhasil membunuh suaminya.

Kebun Sawit

Dilansir sebelumnya, usai diautopsi, jenazah Jamaluddin langsung diberangkatkan ke kampung halamannya di Desa Nigan, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Pemberangkatan jenazah korban juga dilepas langsung Ketua PN Medan Sutio bersama para hakim dan panitera serta pegawai pengadilan.

Warga menemukan mobil Land Cruiser, BK 77 HD dalam posisi menabrak pohon kelapa sawit di kawasan perkebunan Dusun II Namo Rindang, Desa Sukarame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (29/11/2019). Warga kemudian melaporkan hal itu kepada pihak kepolisian.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment